Selasa, 23 Maret 2021

SAGUSABLOG Dasar 57-R



Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyelenggarakan Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) tingkat dasar gelombang ke-57 dengan Founder SAGUSABLOG Amin Mungamar, S.Kom, pada tanggal 22 s/d 27 Maret 2021. Peserta yang telah mendaftar terbagi dalam kelas-kelas yang sudah ditentukan, kelas 57-A s/d 57-T. Saya masuk kelas 57-R, bimbingan master Sodikin Suciati, S.Ag, MA, dan master Budi Kiswanto, S.Ag. 

Sebagai Guru Pembelajar IGI, dalam workshop ini saya belajar bagaimana cara membuat media pembelajaran berbasis Blog kelas dasar, yaitu; membuat Blog dengan Blogger, mengganti dan mendesain template bawaan Blogger, mendesain Header Blog, mengelola dan menghias Blog, membuat dan mengelola Menu Blog, dan membuat dan mengelola soal online di Google Drive.

"Tetap semangat, alon-alon sing penting cepet. Gass Pool, Keep Spirit" ujar para master dengan gaya khasnya. Saya menyimak arahan dari master, feedback hasil tugas peserta lainnya dan tersenyum tatkala membaca komentar humoris masternya di group telegram kelas 57-R. Master Sodikin Sucianti, S.Ag, MA memberikan tips tatkala peserta merevisi feedback tugasnya, "hindari 3 kata; Susah, Bingung, Nyerah" ujarnya memberi semangat. Alhamdulillah, saya berhasil membuat Blog PAI dan BP,  dengan alamat https://gpaizahira.blogspot.com. 

Blog saya ini berisi Materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas XI dan informasi lainnya terkait pendidikan dan pengajaran. Khususnya saya sediakan untuk siswa-siswi di SMK Negeri 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur, dan juga untuk seluruh siswa di Indonesia, semoga bisa diambil manfaatnya.

Tampilan blog yang saya buat di SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Ikatan Guru Indonesia merupakan karya pertama saya dalam membuat blog. Untuk sementara seperti itu hasilnya, dan saya akan berusaha memperbaiki dan menambah konten-konten yang lebih bermanfaat di blog https://gpaizahira.blogspot.com, semoga bisa memberi manfaat pada dunia pendidikan di Indonesia. 

Jazaakumullaahu khoirankatsiiraa wajazaakumullahu ahsanaljazaa, untuk para master;  Amin Mungamar, S.Kom, Sodikin Suciati, S.Ag, MA, Budi Kiswanto, S.Ag (Sagubalog Dasar Kelas 57-R).

Blog PAI dan BP, Karya Muazzizatul Khoirah
Dari : SMK Negeri 1 Manggar, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung


2 komentar:

  1. Keren bunda. Btw, nama saya hrp croscek lagi yah ... Here

    Saran, kasih jarak antar paragraft biar tdk terlihat rapat

    BalasHapus

Silabus PAI dan BP Kelas XI

Perangkat pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting untuk dimiliki seorang guru di sekolah, pasalnya dengan memiliki perangkat pembe...